Memperingati Hari Kebangkitan Nasional Dosen Prodi STI Mengikuti Webinar Nasional dan Internasional

Memperingati Hari Kebangkitan Nasional Dosen Prodi STI Mengikuti Webinar Nasional dan Internasional
1 Juni 2020 No Comments Berita Terbaru adminsti

Senin, 1 Juni 2020 – Untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional dosen-dosen Prodi Sistem dan Teknologi Informasi mengikuti Webinar baik tingkat Nasional maupun Internasional.
Webinar Nasional diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Magelang yang berkerjasama dengan ISPI Jawa Tengah. Webinar ini dilaksanakan pada Rabu, 20 Mei 2020 sekaligus memperingati Hari Kebangkitan Nasional dengan tema “Pendidikan Era Merdeka Belajar di Masa dan Pasca Pandemi Covid-19”. Berikut adalah nama-nama narasumber dalam webinar ini antara lain Prof. Ir. Nizam, M.Sc. DIC., Ph.D. (Direktor Jenderal Pendidikan Tinggi), Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd. (Duta Besar RI untuk Republik Uzbekistan), Prof. Dr. Trisno Martono, MM (Ketua ISPI Jawa Tengah), Dr. Suliswiyadi, M.Ag. (Rektor Universitas Muhammadiyah Malang), Dr. Bambang Ismanto, M.Si. (Universitas Kristen Satya Wacana), Prof. Dr. Tjipto Subadi, M.Si. (Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sedangkan, webinar Internasional diselenggarakan oleh Universitas Negeri Padang yang telah dilaksanakan pada hari sabtu lalu yakni pada tanggal 30 Mei 2020. Webinar Internasional ini mengangkat tema ” Webinar Internasional Relasi Negara dan Karakter Kewarganegaraan dalam
Penanggulangan Wabah Covid-19″ (Dari Perspektif Analisis Kebijakan dan Pendidikan Karakter Warganegara Indonesia, Malaysia, dan Australia). Berikut adalah nama-nama narasumber dalam webinar ini antara lain: Ramlan Nurmatias, S.H (Walikota Bukit Tinggi), Prof. Dr. Ismet Fanany. M.Ec. (Deakin University, Australia), Prof. Madya Dr. Nadarajan Thambu (UPSI, Malaysia), Dr. Shasitharan Raman Kutty (IPG KPT, Malaysia), dan Prof. Dr. Azwar Ananda, MA. (Universitas Negeri padang).

Kedua webinar di atas, memiliki kesamaan dalam membicarakan dan menjelaskan tentang bagaimana dan apa yang harus dilakukan baik di masa maupun pasca pandemi covid-19. Selaian itu, dalam dunia pendidikan tenaga pendidik dan orang tua berperan penting sebagai garda merdeka belajar pembelajaran online (dalam jaringan). Sebagai virus, corona tidak akan hilang dari muka bumi dan pendidikan berperan sebagai garda membangun nilai-nilai, karakter, pengetahuan, dan keterampilan. Sehingga, perlu adanya pemberdayaan fasilitas Teknologi Informasi serta responsif pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan baik bagi peserta didik, orangtua dan tenaga pendidik. tenaga pendidik baik guru ditingkat sekolah maupun dosen ditingkat pendidikan tinggi harus mampu dalam meningkatkan kualitas diri sebagai perancang, pembelajar, motivator, pemimpin, inspiratory, dan evaluator dalam memperoleh kemartabatan pendidikan berkarakter, bermutu, dan berdaya saing. Untuk terwujudnya hal tersebut maka harus dibarengi dengan kebijakan pemerintah yang mana harus “move on” dalam strategi dan kebijakan pendidikan yang merdeka, bermartabat dan berkarakter.

About The Author

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan Chat
1
Hi, selamat datang di Program Studi
~ Sistem dan Teknologi Informasi ~
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by