Pemanfaatan dan Penerapan Pembelajaran Daring Menggunakan Kolaborasi Video Conference, E-learning dan Video Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid -19

Pemanfaatan dan Penerapan Pembelajaran Daring Menggunakan Kolaborasi Video Conference, E-learning dan Video Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid -19
1 Mei 2020 No Comments Berita Terbaru adminsti

Merebaknya wabah Covid-19 yang berkembang sangat cepat sekali menghantam seluruh perekonomian  di Indonesia. Tidak hanya sektor perekonomian yang kena dampak dari Covid-19 begitu juga dari sektor pendidikan. Masalah mendasar yang dialami di Indonesia dari sektor  pendidikan adalah kita terbiasa melakukan pembelajaran secara konvensional. Dengan adanya wabah Covid-19, mau tidak mau pembelajaran wajib menggunakan pembelajaran daring.  Pengertian pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan tanpa melakukan tatap muka melalui platform yang telah tersedia. Semua kampus maupun sekolah dalam masa pandemi menggunakan pembelajaran daring atas instruksi Pemerintah berkaitan dengan social distance.   Prodi Sistem dan Teknologi Informasi Universitas Ivet menggunakan E-learning dengan nama Eliv. Selain di Universitas Ivet, E-learning Universitas yang ada di Indonesia juga ada yang menggunakan nama wanita. Misal di Universitas Negeri Semarang  mempunyai  Program Elena, Universitas Gadjah Mada mempunyai Program e-Lisa. Nama E-learning boleh beda, tetapi intinya sama yaitu digunakan untuk pembelajaran daring. Program E-learning ini sangat membantu sekali dalam proses pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19.

Pembelajaran daring Prodi Sistem dan Teknologi Informasi tidak hanya menggunakan E-learning saja, tetapi juga menggunakan media pembelajaran berupa video dan video conference menggunakan aplikasi zoom. Pembelajaran Daring harus dikemas semenarik mungkin supaya mahasiswa tidak bosan mengikuti perkuliahan online. Dosen selama mengadakan pembelajaran daring tidak sekedar memberi tugas dan mengumpulkan tugas saja. Kalau hal demikian tidak dinamakan pembelajaran daring, melainkan namanya transfer ilmu.

Untuk mengatasi hal-hal demikian yang tidak diinginkan mahasiswa,  Kaprodi STI mewajibkan dosen prodi STI membuat materi ajar sendiri  berupa video pembelajaran. Dosen harus inovatif dan kreatif dalam pembuatan video pembelajaran. Hal ini dapat membuat mahasiswa menjadi lebih paham, nyaman belajar dan tidak lupa atas materi yang disampaikan. Keuntungan yang lain adalah video ini bisa diputar dan didownload kapan saja tanpa adanya batasan waktu. Apabila menggunakan zoom saja,  masih mempunyai kekurangan. Banyak mahasiswa di daerah-daerah pegunungan maupun di desa tidak mendapat sinyal untuk mengikuti pembelajaran daring melalui zoom, karena untuk mengikuti perkuliahan ada batas waktu yang ditentukan. Belum lagi handphone tidak support dengan aplikasi yang ada,  masalah mati lampu. Hal tersebut merupakan kendala – kendala yang dihadapi mahasiswa pada waktu mengikuti pembelajaran daring. Penggunaan zoom ini digunakan untuk sesi tanya jawab mahasiswa ke dosen atas materi video pembelajaran yang belum paham, karena materi sebelumnya sudah dishare melalui E-learning. Setidaknya mahasiswa bisa mempelajari terlebih dahulu, bila belum paham baru bisa ditanyakan melalui grup diskusi di Elearning dan tatap muka langsung melalui zoom. Penggunaan kolaborasi antara Video Conference, Elearning dan Video Pembelajaran merupakan komponen yang paling penting dalam pembelajaran daring. Dengan menerapkan ketiga komponen tersebut,  mahasiswa bisa merasa lebih nyaman belajar seperti mengikuti kuliah tatap muka secara langsung. Pembelajaran Daring menjadikan kita tidak gaptek lagi mengenai perkembangan teknologi yang semakin cepat. Semoga wabah Covid-19 segera berakhir mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan tatap muka secara langsung dan roda perekonomian bisa berjalan seperti sedia kala.

About The Author

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan Chat
1
Hi, selamat datang di Program Studi
~ Sistem dan Teknologi Informasi ~
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by